Tips Hidup Go Green yang bisa kita mulai sendiri




Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk berkontribusi dalam mendukung kelangsungan hidup bumi,salah satu caranya adalah hidup go green,hidup go green atau hidup ramah lingkungan sejatinya bukan hanya menguntungkan lingkungan sekitar,tapi juga menguntungkn tubuh kita .

Dengan hidup go green,kita akan lebih dan lebih menghemat uang.pasalnya,kegiatan hidup ramah lingkungan biasanya dimulai dari  bercocok tanam sendiri.namun,kalau tidak ada waktu untuk hal tersebut,masih ada kegiatan berkonsep go green lainnya yang bisa kita lakukan.

Yang terpenting,mulailah dari hal kecil dirumah.meski kecil,semua kegiatan atau gaya hidup go green punya dampak yang sangat besar.

Tips Mencoba Hidup Go Green Sehari -hari 
selama kita masih tinggal di planet ini,kita masih punya tanggung jawab yang sangat besar terhadap kelestarian bumi.Jika masih ingin  menghirup udara segar ditengah kondisi bumi yang mulai kritis ini,mulailah untuk lakukan kebiasaan go green

Hidup go green memang tidak semudah yang dibayangkan karena dibutuhkan niat dan komitmen yang tinggi  atas kegiatan yang mungkin tak biasa lakukan.Namun,kalau tidak memaksakan diri,kapan perubahaan yang diinginkan akan terjadi  ?

Tips Hidup Go Green yang bisa kita lakukan : 
 1. Matikan lampu saat tidur 

punya kebiasaan tidur dengan lampu menyala ? coba ubah kebiasaanmu itu dengan mematikan lampu saat tidur .Tips hidup go green ini bukan hanya dapat mengehamat penggunaan listrik,tapi juga punya manfaat tersendiri untuk kesehatan.Pasalnya,cara ini diduga dapat menurunkan resiko seorang wanita terkenal kanker payudara dan obesitas.

Hal ini didukung dari penelitian yang dilakukan oleh Nara Medical University School of Medicine,jepang menyatakan bahwa  seorang wanita yang sering terpapar sinar lampu dan cahaya elektronik lainnya dapat mengakibatkan risiko kanker.Sedangkan ,penelitian dari University of Oxford,Inggris,menunjukkan bahwa wanita yang tidur dalam kondisi lampu padam dapat mencegah kegemukan.

Lagi pula,cahaya lampu yang terang saat tidur ternyata masih bisa terdeteksi oleh kelopak mata sehingga mengakibatkan otak tidak mampu memproduksi melatonin yang membuat seseorang untuk tidur lebih lelap.Kalau memang tak terbiasa untuk tidur gelar - gelapan,kamu bisa mulai gunakan.

2. Mengurangi sampah plastik 

sudah menjadi rahasia umum bila sampah plastik adalah salah satu ancaman terbesar bumi.sampah jenis ini terurai sehingga bisa mencemari tanah,laut dan udara.Bahkan,sudah ada  kasus makhluk hidup yang mati akibat sampah plastik.

Jika kamu masih sayang dengan bumi ini,cobalah untuk berhenti  menggunakan atau minimal kurangi penggunaan produk berbahan dasar plastik.selanjutnya,kamu bisa mendaur ulang atau mengolah sampah plastik menjadi  barang- barang yang bisa digunakan  berulang kali.

3. Membuat daftar perencanaan makanan 

mungkin tips go green ini tidak terdengar penting.Namun,bagi kamu yang sering membuang makanan,wajib banget buat melakukan cara satu ini,Tulis semua daftar bahan makanan yang ingin dibeli untuk kebutuhan 2 sampai 3 hari ke depan .Ingat,tulis secara detil,mulai dari kisarab harga hingga jumlahnya.

Dengan begini,tidak akan ada lagi makanan yang tersisa atau terbuang karena busuk atau kedaluwarsa karena kamu telah menyesuaikan bahan makanan dengan kebutuhan harian,hitung- hitung jadi hemat pengeluaran  juga kan ?

4. Bawa Tumbler sendiri 

Sama halnya dengan sampah plastik,sampah botol minuman kemasan juga tidak baik untuk lingkungan.Dari pada membeli air mineral kemasan  setiap bepergian,lebih baik untuk membawa tumbler sendiri.Selain lebih hemat,kamu juga jadi berkontribusi terhadap lingkungan sekitar.

5. Mengatur konsumsi daging 

Tahukah kamu,terlaly sering mengonsumsi daging  merah ternyata juga bisa memperparah kondisi bumi saat ini,pasalnya sapi memproduksi banyak gas methana yang berdampak buruk terhadap lingkungan.Jadi,semakin besar kebutuhan  akan daging merah,semakin banyak sapi yang akan menghasilkan gas methana.

Sebaiknya,kurangi pengonsumsian daging merah,kamu bisa mengganti daging merah dengan sayuran dan makanan lain yang memiliki asupan protein yang cukup seperti tahu,tempe,putih terlur,kacang hijau,alpukat,dan ikan.Dengan beralin mengonsumsi makanan ini,kamu tetap bisa mendapatkan protein dan lemak yang cukup.Selain itu,anggaran belanja juga jadi hemat karena harga makanan  pengganti tersebut jauh lebih murah dari pada daging merah.

6.Naik transportasi umum

Alih - alih menggunakan kendaraan pribadi yang bisa menyumbang polusi,sebaiknya gunakan transportasi umum ketika bepergian.Misalnya  KRL,Transjakrta atau MRT yang secara teratur bisa mengangkut puluhan sampai ratusa  penumpang sekali jalan.Lagi pula,ongkos naik kendaran umum jauh lebih murah dari oada naik kendaran sendiri.

7. Lakukan  DIY untuk beberapa kebutuhan rumah tangga

 Saat ini tran DIY atau Do it Your self dalam hal kebutuhan rumah tangga semakin gencar dilakukan,Banyak orang  yang mulai membuat sabun batangan  hingga produk pembersih dengan bahan - bahan alami tanpa bahan  kimia yang membahayakan.Botol atau kemasan bekas dipilih  sebagai tempat  penyimpannya.
Kalau kamu punya waktu luang yang banyak,tidak ada salahnya untuk ikut mencoba tren ini.Selain bisa dijadikan bisnis rumahan,cara ini juga dapat mengurangi sampah plastik atau sampah lainnya yang tidak dapat terurai

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Identitas PT.Semesta Langgeng Sentosa

GO GREEN

LIMBAH BERACUN BISA DIMANFAATKAN