Dampak Limbah Bagi kesehata berdasarkan wujudnya

 


Ancaman limbah berbahaya begitu nyata,Dampaknya yang begitu merusak tidak hanya mengancam lingkungan.Manusia yang merupakan bagian dari lingkungan juga turut merasakan limbasnya.Bahkan meski  sudah ada tempat pengolahan limbah berbahaya,Faktanya masih cukup banyak perusahaan yang membuang limbahnya begitu saja.

Dampak pembuangan limbah berbahaya sama sekali tidak bisa dipandang sebelah mata.Kerusakan lingkungan hanyalah salah satunya.Disamping itu,masih ada segudang dampak kesehatan  yang dipastikan akan diderita oleh masyarakat sekitar. Berikut beberapa dampak limbah  bagi kesehatan manusia berdasarkan wujudnya.

1. Limbah Gas

Meski disebut limbah gas,limbah jenis ini tidak  sepenuhnya berbentuk gas,ada partikel- partikel benda padat atau cair yang terkandung di dalamnya.

Bentik partikel yang sangat kecil membuat limbah  jenis ini mudah tersebar lewat udara.Biasanya,limbah  gas juga mengandung debu.Beberapa contoh dari limbah jenis ini diantaranya adalah karbon monoksida,karbon dioksida,nitrogen oksida,sulfur oksida,asam klorida,amonia,metan,hidrogwn fluorida,nitrogen sulfida dan klorin.

Bahaya dari limbah gas akan terasa sangat terhirup.Sesak nafas hanyalah salah satu efeknya.Dalam jangka panjang,limbah gas bisa menyebabkan gangguan paru- paru,serangan jantung,stroke dan mengganggu perkembangan otak janin.

2.Limbah Cair 

Limbah jenis ini biasanya dihasilkan perusahaan yang menggubakan air selama proses produksinya,Limbah cair sendiri bisa berupa air bekas cucian ataupun  sisa dari proses produksi secara langsung.Karena itu,limbah jenis ini biasanya banyak mengandung zat- zat kimia berbahaya.

limbah cair ini biasanya memiliki bau yang sangat menyengat,Di tempat pengolahan limbah berbahaya sekalipun,aroma dari limbah jenis sudah cukup untuk  membuat setiap orang yang menghirupnya merasa pusing hingga muntah - muntah.Jadi bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika limbah cair dibuang tanpa di olah terlebih dahulu.

Selain bau yang tajam,kontak langsung dengan limbah cair bisa menyebabkan  gatal - gatal dikulit.Jika limbah tersebut sampai masuk ke dalam tubug,dampaknya bisa jauh lebih berbahaya.

Beberapa penyakit yang bisa ditimbulkan oleh limbah jenis ini diantaranya adalah diare,kolera,hepatitis A,giardiasis,penyakit hati,penyakit ginjal dan meningkatkan resiko bayi lahir cacat.

3. Limbah Padat 

Sama seperti dua jenis limbah sebelumnya,limbah padat juga banyak dihasilkan oleh industri.Beberapa contoh limbah padat ini diantaranya adalah plastik,kertas,karet dan logam.Sepintas limbah-limbah tersebut memang terlihat mirip seperti limbah rumah tangga.Namun mengingat jumlahnya yang begitu besar,dampaknya terhadap lingkungan jelas berbeda.

Dampak limbah padat biasanya semakin terasa saat limbah tersebut membusuk.Tidak sedikit dari limbah tersebut yang menimbulkan gas beracun seperti : asam sulfat,metan dan amonia.Jika dibuang langsung ke perairan,limbah jenis ini juga bisa mencemari air dan lingkungan di sekitarnya.

Gangguan kesehatan akibat limbah padat ini sama sekali tidak bisa diremehkan.Mulai dari gatal-gatal ,diare hingga penyakit serius seperti gangguan ginjal dan hati bisa muncul akibat limbah jenis ini.

Limbah industri tidak bisa di buang begitu saja.Sebelum dibuang,limbah tersebut harus diolah di tempat pengolahan limbah berbahaya.Memang butuh biaya yang tidak sedikit untuk mengolah limbah seperti ini .Namun dengan menggunakan jasa pengolahan limbah seperti : PT Semesta Langgeng Sentosa ,perusahaan tidak perlu khawatir untuk membuang limbah perusahaan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Identitas PT.Semesta Langgeng Sentosa

GO GREEN

LIMBAH BERACUN BISA DIMANFAATKAN