Dampak dari Limbah B3 bagi lingkungan

 


Tanpa disadari, kita se­ring membuang sampah me­ngandung Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di semba­rang tempat. Kemajuan tek­nologi dengan pola hidup modern, jauh dari perlakuan alami me­micu manusia da­lam kegiatannya menghasil­kan Limbah B3.Pada satu sisi, kemajuan teknologi mem­buat ma­nusia semakin mudah dalam hi­dup­nya, dan sebuah negara akan meningkat­kan roda per­ekonomian pada negara itu.

Kemajuan teknologi dan pola hidup menghasil­kan limbah B3 yang merupakan sisa suatu usaha atau ke­giatan yang mengandung ba­han berbahaya (be­racun).Limbah B3 pada kehidup­an modern sangat mu­dah di­jumpai dalam kehidupan se­hari-hari, banyak terdapat bahkan di rumah kita .Limbah B3 merupakan buangan produk yang tidak memenuhi standar aman ter­hadap tanaman dan lingkung­an, yaitu mulai dari sisa ki­mia yang tidak terpakai atau sudah kadaluarsa.Sifat limbah B3 mudah meledak dan terbakar, reak­­tif, beracun, menyebab­kan infeksi serta me­nyebabkan karat (korosif) dan lainnya.

Produk-produk yang me­ngan­dung bahan ber­bahaya dan beracun di lingkungan kita se­hari-hari sangat banyak seperti olie bekas,majun bekas,accu bekas,filter bekas dan Limbah B3 dari produk yang dipergunakan sehari-hari tidak terpakai ha­bis atau sudah kadaluarsa. Untuk limbah B3 dari pro­ses industri tentunya pihak industri harus mematuhi peraturan yang berlaku ten­tang perla­kuan limbah B3, tidak boleh membuang pada sem­barang tempat atau mem­buang ke tanah karena dapat merusak lingkungan hidup.

Industri yang membuang limbah B3 pada sem­barang tempat dikenakan sanksi Undang Undang Lingkungan Hidup dan terus mendapat kritikan, pro­tes dari berbagai elemen masyarakat sebagai industri yang mencemari lingkungan hidup.Namun, kita sebagai pe­ma­kai hasil produk yang me­ngandung bahan berbaha­ya dan beracun juga ber­po­tensi merusak lingkungan seandainya mem­buang sisa atau sampah produk yang mengandung bahan berba­haya dan beracun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Identitas PT.Semesta Langgeng Sentosa

GO GREEN

LIMBAH BERACUN BISA DIMANFAATKAN